Friday, January 28, 2011

Pentingnya Menuntut Ilmu

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ

“Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Fathir: 28).

Seringkali kita mengeluh kepada diri kita sendiri, untuk apa kita sekolah? untuk apa kita belajar? Untuk apa kita menuntut ilmu? Tak sedikit di antara kita yang cenderung memiliki sifat malas untuk belajar dan lebih senang bermain. Tahukah kamu apakah hakikat sebenarnya dari menuntut ilmu tersebut? Perhatikan Sabda Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam berikut ini:

“Barangsiapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memberikan padanya jalan menuju surga. Sesungguhnya malaikat benar-benar mengepakkan sayapnya untuk penuntut ilmu karena ridha dengan apa yang ia kerjakan dan seorang ulama itu benar-benar akan dimintakan ampunan oleh apa saja yang ada di langit dan di bumi, hingga ikan-ikan hiu yang berada di dasar air. Keutamaan ulama dibandingkan dengan keutamaan ahli ibadah bagaikan keutamaan bulan purnama dibandingkan dengan keutamaan seluruh bintang. Ulama adalah pewaris Nabi. Dan sesungguhnya para nabi itu tidak mewariskan dinar dan tidak pula dirham, tapi mereka mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambilnya, niscaya ia telah mengambilnya dengan bagian yang banyak.”

(HR. Imam Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Shahih Al Jami’ (V/302).

Sepintas kita melihat hadits di atas, perhatikanlah kalimat awalnya yaitu “Barangsiapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memberikan padanya jalan menuju surga.” Allah menjanjikan syurga bagi siapa saja yang menempuh perjalanan menuntut ilmu, apapun bentuknya, entah kamu menempuh perjalanan ke sekolah, pesantren, maupun ke masjid untuk mengikuti pengajian maka semuanya itu termasuk dalam rangka menuntut ilmu.

Dalam hadits lain yang diriwayatkan dari jalan Abu Hurairah radhiyallohu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam menegaskan:

“Barangsiapa menempuh satu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mempermudah satu jalan baginya menuju surga.”

(HR. Muslim, 4/2074).

Maka setiap jalan apapun yang ditempuh seseorang dengan tujuan untuk mendapatkan atau memperoleh ilmu adalah termasuk dalam hadits ini. Termasuk bila kalian pergi ke sekolah, pesantren atau masjid untuk mendapatkan ilmu, maka Insya Allah kalian pun termasuk orang yang dimudahkan jalannya oleh Allah Ta’ala menuju surga-Nya.

kesimpulannya;

1.Menuntut ilmu itu penting maka janganlah kita menganggap remeh atau mensia-siakannya.

2.Allah Ta’ala akan meninggikan derajat orang yang menuntut ilmu, sebagaimana Firman-Nya dalam Surat Al Fathir: 28 dimana disebut dalam ayat itu “ulama” yang artinya seseorang yang memiliki ilmu (alim).

3.Allah Ta’ala menjanjikan jalan dan kemudahan menuju surga bagi siapa saja yang menempuh satu jalan untuk menuntut ilmu.

Maka dari itu, marilah bersama-sama kita kobarkan dan bangkitkan semangat untuk menuntut ilmu. wAllohu A’lam.

sumber: waqqash

bingung2x sama da mo sambung belajar tau terus kerja jak x.x

 

2 insan doakan kebahagiaanku:

Xan_hollow said...

tuntut ilmu smp tua bngka...s0,smbg blajaq~~~
muahahahahha/////////

syuwai said...

@ ytazz

err.. okey o.0

 

Copyright © 2011 Reserved to Bukan Cerita Tentang Coklat Design with love by CikBulat